Menyebrangi Sungai Musi Menuju Legenda Pulau Kemaro

FB_IMG_1439885004196

Kota Palembang adalah tujuan pameran yang dinantikan. Alhamdulillah, dua kali berhasil mengunjunginya. Palembang Square telah menggoreskan kenangan tak terlupakan bagi perjalanan Rosmala saat itu. Sekitar tahun 2013 dan 2014, lupa deh tepatnya bulan apa.

Awal mengikuti pameran di PS, banyak kisah yang menghiasinya. Pameran perdana yang digelar oleh Event Organizer asal Jogja, Gusindo. Dengan membawa puluhan peserta dari Bandung, jakarta, Solo, dll. Kehadiran kami sangat diterima oleh masyarakat kota Palembang, sepertinya mereka antusias dengan produk-produk dari Bandung yang kami tawarkan. Alhasil, event saat itu terbilang sukses dengan hasil yang memuaskan. 

Menginap di sebuah guest house atau mungkin bisa disebut tempat kost kali ya, hanya berjarak sekitar 500 meter dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Beberapa kamar yang kami sewa selama 14 hari, memberikan kesan mendalam. Mulai dari Ibu kost yang agak rewel, sarapan pempek di pagi hari yang masih aneh buat kita, sampai kehati-hatian saat pulang malam. Konon katanya, daerah sana masih agak rawan. Sepulang pameran pada jam tutup toko, kita yang kebanyakan perempuan harus didampingi laki-laki supaya aman.

Untunglah, dari setiap perjalanan pameran luar kota selalu ada suami-suami dari teman yang ikut, atau juga teman pameran laki-laki yang sudah seperti saudara sendiri. Biasanya, kami selalu dalam satu tim. Jadi, setiap ada info pameran luar kota selalu berbarengan. Alhamdulillah, aku dan teman-teman sesama owner selalu terjun langsung untuk mencari pasar di daerah. Meski, ada beberapa juga yang hanya diwakili oleh SPG nya, tapi para owner terkandang menyusul juga buat sekedar kontrol sekalian jalan-jalan.

Pameran perdana yang cetar menggelegar, membuat tim kami berniat untuk mengusulkan piknik ke EO. Dan kami memilih Pulau Kemaro sebagai tujuan jalan-jalan di kota pempek itu. Aku sih, sebelumnya nggak pernah tahu tentang pulau Kemaro ini. Hanya salah satu teman yang ingin berkunjung ke sana, karena pulau Kemaro mirip dengan tujuan wisata di Thailand, Wat Arun yang memesona.

FB_IMG_1439884986502

Perjalanan dimulai dari Jembatan Ampera menggunakan speed booth dengan membayar tiket di bawah seratus ribu, kalo nggak salah ya, lupa sih, haha. Sekitar 10 orang yang ikut, dan kami sangat menikmati perjalanan menyebrangi sungai Musi yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera dan membelah kota Palembang.

Aku, yang fobia air dan takut melihat sungai besar berwarna cokelat pekat itu. Mencoba mengalihkan perhatian dengan mengobrol dan berdoa ya pastinya! Membayangkan berada di tengah-tengah sungai dengan arus yang deras, cukup membuat nyali ciut, sih! Melihat teman-temanku yang menikmati dengan diselingi candaan, lumayan mengobati rasa takut yang kian menghampiri.

Sepanjang perjalanan hanya melihat kawasan industri, yang merupakan perusahaan Pertamina Plaju dan pabrik Pupuk Sriwijaya dengan aroma khas nya yang menyengat hidung. Jarak pulau Kemaro hanya sekitar 6 KM dari jembatan Ampera.

Alhadmulillah, akhirnya sampai juga di pulau Kemaro. Ternyata, keadaan di sana masih sepi. Apa karena bukan musim liburan atau memang pulau terpencil itu hanya dihuni oleh segelintir orang saja. Ya, benar saja! Pulau kecil itu hanya memiliki beberapa kepala keluarga. Tujuan wisata di sana adalah sebuah Vihara China yang memiliki legenda, seorang putri Palembang bernama SIti Fatimah. Untuk kisahnya bisa dibaca di sini.

Pulau Kemaro dikunjungi oleh banyak wisatawan saat perayaan Imlek dengan kegiatan Cap Go Meh. Penduduk di sana hanya memiliki aktivitas berdagang untuk menyediakan kebutuhan wisatawan yang datang berkunjung.

Pelajaran yang bisa didapat adalah tentang sebuah sejarah yang masih sangat terjaga kelestariannya. Dan tentu saja, sebuah perjalanan berharga bagiku, bisa menginjakkan kaki di sebuah pulau yang berada di ujung sungai Musi dengan aura legendanya yang masih kental.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s