[Reportase] Workshop “Nyekil Jualan via Sosmed”ala Klinik Kreatif

ws-nyekil-jualan-via-sosmed

Workshop online marketing yang memilih tema “Nyekil Jualan via Sosial Media” dengan pemateri kece, Tubagus Anugeraha, seorang Trainer, Praktisi Online Marketing, owner http://www.sarunik.com.

Berlangsung Sabtu kemarin, dihadiri sebanyak 20 orang peserta. Bertempat di Hotel Anggrek Gandasari, jalan Seram no. 3 Bandung. Memilih tempat di sini karena nyaman buat belajar, makanannya enak dan pastinya ramah di kantong dong.Β 

rkb

Cuaca pagi yang diguyur hujan deras di beberapa titik di kota Bandung, membuat sebagian dari peserta datang terlambat. Dan acara molor sekitar dua puluh menit, sebelum akhirnya dibuka oleh Bapak Mohamad Firsan, CEO Rumah Kemasan Bandung. Di mana RKB sebagai payung yang membawahi Klinik Kreatif bandung, yaitu sebuah wadah tempat berkumpulnya para praktisi, yang memiliki visi dan misi untuk berbagi manfaat dan memberikan pelayanan dalam berbagai kegiataan workshop.

kangen-water

Oyah, sponsor tunggal workshop yaitu Kangen Water yang memberikan goodie bag berisi paket Strong Acid, Beauty Spray dan air minum Kangen Water 600 ml.

Materi awal dibuka dengan cara meriset pasar di marketplace Tokopedia dan Bukalapak. Bagaimana mencari pasar yang potensial, dengan menggunakan sarana keyword melalui mesin pencari Google dan Google Trends. Nah, saran pencarian dari Google dapat Β dijadikan keywords yang kita butuhkan untuk menembak sasaran dengan tepat.

Selain itu, keywords juga bisa dijadikan acuan untuk memilih produk dan menggunakannya dalam menjual produk kita. Facebook dan Instagram juga memiliki fitur untuk melakukan riset pasarnya sendiri. Karena pada dasarnya, setiap mesin pencari di berbagai website memiliki karakter berbeda.

tubagus

Dilanjutkan dengan riset kompetitor yang penting banget untuk mengetahui apa dan bagaimana saja yang dilakukan kompetitor dalam menjalankan pasar. Sebagaimana kita tahu, bahwa keberadaan kompetitor dalam persaingan pasar merupakan hal yang bisa dijadikan pertimbangan dalam menentukan langkah strategi kita ke depannya.

Pilihlah kompetitor yang memiliki follwer paling banyak sebagai patokan, perhatikan bagaimana dan strategi apa saja yang dilakukan mereka untuk berdagang. Misalnya, jam berapa mereka update Facebook, ikuti dan modifikasi cara pemasaran kita sesuai dengan karakteristik brand kita.

peserta-ws-nyekil

Akhirnya, materi yang sepertinya ditunggu peserta pun tiba, Facebook ads dan Instagram ads yang menjadi andalan para pelaku online shop saat ini. Kang Tuba menjelaskan bagaimana cara kerja iklan berbayar melalui kedua sosial media ini dengan mengacu pada data yang ada.

Sebagian peserta belum memiliki Fanpage, tapi terlihat antusias untuk membuatnya, maka diberikan sedikit waktu untuk membuatnya dengan dibantu tim dari Klinik Kreatif. Dilanjutkan materi terakhir dengan mengenalkan, dan praktek membuat akun di Tokopedia sebagai marketplace terbesar yang menjadi pilihan untuk berjualan.

maksi

Jam makan siang yang telah disediakan Hotel Anggrek, yaitu soto segar lumayan bisa menyegarkan otak yang udah ngebul karena padatnya materi, hehe. Lanjut sholat dzuhur dan jadwal yang telah ditetapkan selesai jam satu pun diperpanjang sampai jam dua, karena peserta masih sangat menikmati workshop online marketing ini dengan rasa penasaran dan ingin segera take action.

foto-ws

Well, acara pun berakhir dengan lancar dan keceriaan foto bersama yang disambut para peserta. Tampak terlihat wajah sumringah saat mendapatkan sertifikat keren dan juga ilmu yang dibawa pulang. Semoga saja, ilmu yang mereka dapatkan bisa dipraktekan, sehingga menjadi manfaat dan barokah. Aamiin.

Oke gengs, nantikan kami di workshop berikutnya ya ^^

 

Salam sukses dan bahagia,

sertifikat,

Klinik Kreatif Bandung.

[Nuke Lugina, Tita W Sari, Santi Rosmala]

 

Advertisements

3 thoughts on “[Reportase] Workshop “Nyekil Jualan via Sosmed”ala Klinik Kreatif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s