[Reportase] Siaran Bedah Ebook “Gampang Bikin Artikel”

 

picsart_10-15-10-53-36

Memasuki ruang siaran untuk kedua kalinya, tetap saja membuatku deg-degan. Ditambah suhu ruang yang dingin semakin menambah gemeteran, haha. Beruntung, mba Anna Dhee, penyiar ngehits dari radio Sonora 93,3 FM bisa mencairkan suasana.

Kali ini, aku didaulat untuk menggantikan mentor menulis artikelku, Ummi Aleeya memandu bedah ebook “Gampang Bikin Artikel” karya teh Indari Mastuti, CEO Indscript Creative. Menemani dua orang nara sumber, yaitu teh Larasati dan Teh Laela yang keduanya berprofesi sebagai guru yang rajin menulis artikel.

Awal on air dibuka dengan suara emasnya mba Anna yang memperkenalkan kami, lalu dibuka dengan bedah ebook yang aku bacakan sesuai panduan ebooknya. Rasanya grogi dong, karena baca ebooknya dari hp dan berasa kecil banget itu tulisannya, haha. Sampai aku sempet kehilangan kata-kata alias speechless.

Oke, inti dari ebook tersebut adalah bagaimana caranya berproses membuat suatu artikel. Untuk kamu yang mau belajar bikin artikel, silahkan pelajari tiga hal yang penting untuk gampang bikin artikel.

Pertama, tentukan judul yang menarik agar diminati pembaca. Buat kalimat pembuka yang dapat menggeliik rasa penasaran, lalu berikan pembaca dengan isi yang bergizi. Jangan sampai pembaca kecewa, judul menarik tapi ternyata isinya tidak sesuai yang diharapkan. Sertakan juga solusi yang bisa diambil oleh pembaca,Β kemudian berikan kalimat penutup yang jelas. Apa pesan yang ingin dituliskan dalam artikel tersebut.

Nah, itulah tiga poin penting untuk membuat artikel. Idenya bisa didapat dari mana saja, misalnya pengalaman saat travelling, atau dari kisah keseharian. Yang pasti akan banyak mendatangkan ide, untuk dituliskan menjadi sebuah artikel yang menarik.

Hal yang membuat kami semakin menikmati siaran siang kemarin, saat mulai sesi berbagi pengalaman dalam menulis artikel. Bagaiman tidak, menulis artikel bisa menjadi sumber penghasilan juga, lho!

Banyak agensi atau situs penyedia lowongan pekerjaan sebagai penulis artikel, yang bisa dicoba untuk mengasah kemampuan kita menulis sekaligus mencari rezeki, hehe.

Memasuki sesi tanya jawab dengan pendengar radio Sonora, menjadi hal lainnya yang menarik. Pertanyaannya beragam dan membuat kami bisa belajar mengasah otak dalam menjawabnya, hehe. Dua hadiah yang kami berikan, berupa dua buah ebook Gampang Bikin Artikel menjadi milik penanya yang beruntung.

Dan keseruan berakhir dengan ritual khusus, yaitu sesi foto yang dipesan oleh mentor kami, Ummi Aleeya untuk dokumentasi. Alhamdulillah, siaran yang menyenangkan,Β karena ternyata ada satu pesan moral yag bisa disampaikan disini.

Ketika kita dalam satu tim bisa bekerja sama dengan baik, saling mengisi dan saling membantu untuk mewujudkan kesuksesan sebuah tujuan. Saya dan kedua nara sumber tidak saling mengenal sebelumnya, tapi dalam waktu singkat kami bisa membaur dan menjadi tim yang solid.

Advertisements

3 thoughts on “[Reportase] Siaran Bedah Ebook “Gampang Bikin Artikel”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s