Pilihan Berlibur Dengan Jasa Pariwisata Atau Mandiri

Rencana untuk liburan ke Pulau Bali sebenarnya sudah sering kali dibuat, tapi selalu gagal dan berakhir dengan sekedar wacana aja sih, hehe.

Tapi libur lebaran tahun ini sukses terlaksanakan, meski tanpa perencanaan yang matang, karena bisa dibilang mendadak dan sedikit nekat, haha.

Perjalanan kami di Bali kali ini semakin meriah dengan formasi lengkap, karena seluruh keluarga besar ikut yaitu sebanyak 19 orang. Dengan menggunakan medium bus yang kami sewa dari Jogja, telah menyematkan status kami sebagai turis domestik, asiikk.

Berikut ini tentang keuntungan liburan dengan menggunakan jasa bus pariwisata beserta pemandu atau berlibur mandiri, sebagai pilihan tepat disesuaikan dengan anggaran yang tersedia.Β 

Harga sewa medium bus sekitar 2jt rupiah per hari, belum termasuk uang makan sopir dan kondektur, biaya parkir, tarif penyebrangan, dan lain-lain.

Sesampainya di Bali, kami diharuskan menggunakan jasa pemandu wisata dari biro perjalanan yang sudah disiapkan.

Awalnya kami menolaknya, karena ingin menikmati masa liburan dengan acara bebas, terlebih kami sudah mengenal wilayah Bali, dengan alasan keluarga suami sudah pernah tinggal di Denpasar dan ada keluarga kakak tertua yang memang sudah lama tinggal di Denpasar juga.

Biaya yang dikeluarkan untuk menyewa jasa pemandu sebesar 250rb per hari, dan ini sifatnya wajib bagi turis dengan rombongan menggunakan bus pariwisata, sesuai Perda tahun 2008.

Keuntungan berwisata menggunakan bus pariwisata adalah hemat tenaga, tinggal duduk manis, pasang kacamata dan siap menikmati liburan dengan santai dan bahagia. Tapi biaya yang harus dikeluarkan sedikit membengkak, belum lagi biaya extra untuk jasa pemandu yang harus dipertimbangkan.

Pemandu wisata juga memberi kesan tersendiri dalam liburan kali ini, selain pekerjaannya memandu kami ke tempat wisata, dia juga bercerita tentang sejarah dan segala hal menarik yang kami temui dalam perjalanan. Asiknya lagi, perjalanan wisata lebih terarah dengan bantuan pemandu yang akan membuatkan agenda berdasarkan rute sesuai keinginan kita.

Sementara keuntungan lain dengan membawa kendaraan sendiri adalah hemat baiya, bebas menentukan tujuan wisata dengan bantuan Google Map atau GPS (Gunakan Penduduk Setempat). Pilihan ini cocok untuk yang berjiwa petualang, meski cape dan lelah tapi semua akan terbayarkan dengan kepuasaan akan didapatkan. Selain itu, kelebihan biaya dari akomodasi bisa dipake buat belanja oleh-oleh kan?

Kedua pilihan tersebut memang ada plus minusnya, sebelum memutuskan silahkan pertimbangakan lebih dulu dengan cara mencatat dan menghitung semua kemungkinan berdasarkan situasi dan kondisi masing-masing.

Selamat berlibur ya!

Hotel Atanaya, Sunset road Bali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s