Tentang Rasa

Rasa adalah suatu perasaan yang terkadang muncul dengan sendirinya, tanpa kita inginkan. Berbagai rasa yang hadir, seperti bahagia ketika mengingat atau menerima sesuatu yang menyenangkan hati. Bahkan rasa yang membuat hati bersedih, gundah gulana hingga kecewa dan marah.

Apa yang harus kita lakukan ketika rasa itu tiba-tiba hadir dalam ingatan?

Saat bahagia menyelinap dalam hati, maka tubuh akan merespon dengan baik dalam bentuk senyuman atau bahkan tertawa, sampai kita tersadar bahwa kita sedang berada dalam kondisi sendiri. 

Beda lagi dengan rasa yang hadir adalah kesedihan, galau, kecewa dan marah atas sesuatu yang tidak menyenangkan. Kadang kita berusaha menghindarinya, untuk menjaga perasaan agar tidak larut dalam rasa tersebut. Namun sebaiknya rasa itu kita terima, kita nikmati dengan cara berkomunikasi melalui hati.

Disinilah perlunya berdamai dengan hati, keluarkan segala bentuk rasa yang tidak mengenakan tadi dengan sepenuhnya, kalo perlu sampai menangis dan benar-benar lepas semua beban yang terasa menghimpit dada. Maafkanlah orang yang sudah membuat kita sakit, buang jauh energi negatif yang hanya akan menjadi sampah dalam hati.

Setelah itu rasakanlah bahwa setiap hal yang akan menghalangi jiwa kita untuk berbahagia, akan lepas dan pergi menjauh seiring dengan keikhlasan kita menerimanya. Lalu ketenangan akan muncul dengan hati yang tenteram damai dan dada yang lapang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s