Review : Bandung Creative Jewellery Community

Bandung memang terkenal dengan sejuta kreativitasnya di berbagai bidang, semua pasti sepakat dengan hal ini ya. Nah sekarang saya akan memberikan review tentang sebuah Komunitas Aksesoris yang di prakarsai oleh para pelaku usaha kreatif perhiasan/ aksesoris di kota Bandung, yang diberi nama BCJC kepanjangan dari Bandung Creative Jewellery Community.

Berbagai kegiatan dan program kerjasama yang dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan dan membangun ekonomi kreatif , sehingga BCJC mendapat dukungan penuh dari Dinas Perindustrian & Perdagangan (Perindag) kota Bandung. Awal terbentuknya komunitas ini setelah para peserta yang merupakan pengrajin dan designer perhiasan kota Bandung terdiri atas 20 orang telah mengikuti pelatihan “Peningkatan Desain Produk Perhiasan” pada tahun 2013 lalu.

Dari setiap anggotanya memiliki ciri khas masing-masing sesuai dengan keunikan selera dan nilai seni yang ingin mereka tampilkan sendiri, meski beberapa material yang digunakan hampir sama, yaitu seperti perak, keramik, tembaga, kulit, kayu, batu-batuan hingga dural yang terbuat dari lempengan baja, seng alumunium dan logam dari bangkai pesawat.

Berikut adalah koleksi perhiasan hasil karya dari anggota Bandung Creative Jewellery Community yang menampilkan desain unik, klasik, nan elegant.

IMG-20160513-WA0046

Aksesoris kalung dengan menggunakan tehnik ukiran dari kayu jati dengan kombinasi kerang, sangat terlihat kesan unik dan klasik nya dengan nilai seni yang tinggi.

IMG-20160513-WA0047

Nah ini adalah salah satu contoh aksesoris gelang dengan menggunakan lempengan dari baja, seng alumunium dari bangkai pesawat atau biasa disebut Dural.

Dibawah ini adalah berbagai contoh produk handmade dengan menggunakan material dan tehnik khusus seperti Wire atau perhiasan kawat, beberapa kawat yang bisa digunakan antara lain kawat tembaga, kawat dinamo, atau kawat aluminium, atau kawat artistik yang punya warna yang unik. Ada juga aksesoris dengan menggunakan sulam pita dan mute sebagai kreasinya, begitupun kulit yang dikombinasikan dengan batu atau material lainnya yang terkesan cantik dan menarik sehingga diminati oleh pembelinya.

IMG-20160513-WA0050

IMG-20160513-WA0051.jpg

IMG-20160513-WA0052

Kekompakan sesama anggotanya membuat Bandung Creative Jewellery CommunityΒ ini semakin berkembang dan solid, mereka saling berbagi informasi tentang ilmu pengetahuan produk, peningkatan kualitas, tehnik pengerjaan hingga pemasarannya. Berbagai ajang untuk memperkenalkan hasil karya mereka ke publik pun dilakukan dengan mengikuti berbagai pameran Nusantara, baik itu pameran dengan difasilitasi oleh Dinas terkait ataupun secara mandiri.

Komunitas BCJC yang semua anggotanya adalah para pelaku usaha kota Bandung, memiliki sekretariat di Jl. Reog I No 11 Bandung Indonesia.

Cp. 022-7300240/08122005597. BandungCreativeJewellery@gmail.com

Salam Kreativitas.

Santi Rosmala

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s