Ibu, Jadilah Sahabat Anak Gadismu!

Setiap orangtua yaitu Ayah dan Ibu memiliki peran yang sama dalam membangun terciptanya keluarga yang harmonis, bahagia dan sejahtera. Mengemban amanah yang diberikan Allah Ta’ala untuk mendidiknya supaya menjadi anak yang sholeh dan sholeha adalah tanggung jawab yang sangat besar, terutama kedekatan yang harus dilakukan orangtua khususnya oleh Ibu yaitu menjadi sahabat anak gadis nya sendiri. 

Tidak semua Ibu bisa dekat dengan anak gadisnya, begitupun sebaliknya anak gadis tidak ingin dekat dengan ibunya dan memilih curhat kepada temannya. Meski demikian, anak gadis pada dasarnya membutuhkan Ibu untuk sekedar berbagi disaat dia mengalami hal-hal yang menyenangkan atau bahkan tidak menyenangkan.

Disinilah peran penting seorang Ibu bagi perkembangan emosi dan kepribadiaannya di masa transisi dari remaja menuju dewasa, semua hal yang ingin anak ketahui ada Ibu yang siap dengan pengetahuan yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan anaknya. Ibu adalah tempat belajar, tempat curhat dan menjadi sahabat anak gadis yang terbaik.

5 Hal yang perlu Ibu terapkan untuk menjalin hubungan baik dan menjadi sahabat anak gadis :

1. Menjadi Pendengar Yang Baik

Setiap anak pasti menginginkan pengertian dan perhatian orangtuanya, ketika dia membutuhkan teman bicara tentang masalah di sekolahnya, tentang masalah keseharian pergaulannya hingga tentang ketertarikannya pada lawan jenis. Dengarkanlah setiap apa yang disampaikannya, berikan nasihat yang baik dan solusi jika anak memintanya.

2. Belajar Mengatasi Amarah

Sosok Ibu dianggap sebagai mahluk yang lembut dan penuh kesabaran, untuk itulah mereka mengandalkanmu. Meski terkadang Ibu juga tidak mampu mengendalikan emosinya, maka cara yang tepat dalam mengatasi amarah adalah bersabar.

3. Jadilah Contoh Yang Baik Baginya

Figur orangtua sangatlah penting untuk pembentukan karakternya, mereka akan melihat dan mengikuti kebiasaan di lingkungan sekitarnya. Berikan contoh yang baik disertai perilaku dan perbuatan dengan menanamkan nilai-nilai moral yang akan berguna bagi kehidupan anak nanti.

4. Pahami Apa Yang Diinginkannya

Tidak semua keinginan anak harus dipenuhi, tetapi belajar untuk memahami apa yang dibutuhkan atau apa yang diinginkannya memang tidak ada salahnya kan. Untuk itu pahami dulu maksud tujuannya kemudian berikan pengertian dan keputusan yang terbaik.

5. Sentuh hatinya Dengan Kelembutan

Setiap anak tentu ingin diperlakukan dengan lembut. Luangkan waktu untuk masuk kedalam kehidupannya pada saat yang tepat, yaitu ketika anak membutuhkan seseorang untuk berbicara, maka mendekatlah lalu sentuh hatinya dengan kelembutan dan mulailah bicara dua arah, agar anak merasakan kenyamanan dan kepercayaan dalam mengungkapkan perasaannya.

Ibu, Jadilah sahabat anak gadis mu sendiri! Mereka adalah mutiara paling berharga, mahluk mulia yang memiliki naluri kelembutan dengan kasih sayangnya seperti yang telah kau ajarkan, supaya kelak dapat tumbuh menjadi pribadi yang kuat, luarbiasa dan menjadi inspirasi bagi anak-anaknya, serta perhatian kepada orang-orang disekitarnya.

Sudah siap menjadi sahabat anak gadis mu Ibu?

 

Saya Santi Rosmala,

Seorang Ibu yang menjadi sahabat anak gadis yang menginspirasi terlahirnya tulisan ini.

Salam Bahagia untuk Ibu di seluruh penjuru dunia.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s