Akhirnya HSG juga…

RS Borromeus Bandung.

Alhamdulillah, hari rabu pagi akhirnya HSG juga, tepatnya hari ke9 haid…

Setelah sebelumnya searching ngumpulin info tentang HSG itu apa dan bagaimana, secara dibutuhkan persiapan ilmu dan metal yang kuat untuk melakukannya. Perasaannya degdegan pasti, meski berusaha tetap tenang sambil nunggu dipanggil. Setelah mengisi form pemeriksaan, danΒ  masuk ruangan radiologi dan disuruh ganti pakaian khusus yg sudah dipersiapkan, suster mempersilakan utk berbaring di tempat tidur. Suster menceritakan prosuder pemeriksaan yang akan dilakukan, mulai dari cara berbaring yg benar, lalu area miss v dibersihkan dengan betadine, terus ada alat seperti mulut bebek terbuat dari stainless yang berfungsi utk menahan mulut rahim, terakhir dimasukan cairan kontras untuk mengetahu kondisi saluran telur/tuba. Tarik nafas panjang selesai mendengar penuturan suster tadi. Fiyuuuhh….

Dokternya belum datang” dan jadilah degdegan semakin bertambah, tarik nafas teratur terus aku lakukan untuk membuat diriku tenang dan relaks. Setelah beberapa lama nunggu, dokter dan susternya datang dengan pakaian khusus seperti densus88. Duuh serem bener deh….hehe.. dimaksudkan pakaian khusus itu utk melindungi dari bahaya radiasi.

Semua prosedur yang tadi diceritakan suster pun mulai di praktekan, dan rasanya?? hmmm… sedikit ngilu dan mules, tarik nafas lagi… ketika dokter bilang “mulut rahimnya robeknya lebar nih bu, jadi harus dibantu alat utk menutup ruang supaya nanti ketika obat masuk tidak bocor” deuh ini kaki mulai bergetar deh, ketegangan pun mulai terasa, apalagi keliatan banget alat” seperti stainless panjang yang dimasukan kedalam V… Dokter yang melihat aku gemetar, bukannya berusaha menenangkan eeh malahan dia bilang ikut tegang nih bu kalo ibu kayak gini….Dan susternya keluar ruangan utk manggil bantuan suster lain buat bantu menenangkanku. Cairan kontras masuk, rasa mules pun semakin berasa aja,, dan setelah +- 15menit proses HSG pun berakhir sudah.

Dan ternyata rasa takut itu tidak sebanding dengan kenyataannya, hehehe… lebih besar rasa takut dibanding rasa sakitnya….

Setelah keadaan lebih baik, aku dipersilahkan utk bersih” di toilet yang dipersiapkan di ruangan radiologi, setelah itu berbaring kembali untuk foto. 30 menit menunggu apakah ada reaksi alergi yg ditimbulkan dari obat yang tadi disemprotkan atau tidak. Alhamdulillah 30 menit berlalu dengan baik tanpa alergi, skr tinggal menunggu hasilnya 1jam kemudian (meski molor jg sampe 2jam sih, hehehe…..)

Hasil HSG diterima, dan aku gak sabaran untuk segera membuka hasilnya. Setidaknya sudah ada gambaran dari hasil searching tentang HSG yang patent atau non patent. Aku baca keterangannya dengan membaca bismillah dan berharap hasilnya akan baik… Disitu tertulis bahwa “Tuba kiri anatomik baik dan terbuka”. Alhamdulillah Ya Rabb, semua hasilnya baik sesuai harapan kami. Oyah, tuba kananku sudah dipotong tahun 2010 lalu karena KET usia 7minggu, bertepatan dengan ultahnya kaka yang ke 10. Hiks…

Puji dan syukur kupanjatkan, ada harapan besar untuk bisa hamil lagi. Selalu berfikir positif dengan segala upaya yang dilakukan adalah jalan terbaik saat ini. Semoga diberikan kemudahan dan kelancaran untuk memulai lagi program kehamilan ini, Aamiin YRA…

Hari ke 12-14 haid dijadwalkan untuk mengunjungi dokter Tarmin lagi, rasanya udah gak sabar utk datang dan memulai programnya….Bismillah… Semangaattt….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s